Juni 09, 2009

Tips Untuk Kulit Berminyak dan Kombinasi

Tanda-tanda jika kulit wajah Anda adalah jenis yang berminyak:
1. Tampak mengkilap saat Anda bangun pagi
2. Makeup mudah luntur karena produksi minyak berlebih
3. Cepat berjerawat
4. Pori-pori tampak besar
Jika Anda hanya mengalami masalah berminyak pada daerah sekitar hidung dan jidat, itu tandanya kulit Anda jenis kombinasi. Ada 4 langkah yang dapat Anda lakukan supaya kulit tampak tidak berminyak:
a. Bersihkan wajah Anda. Anda dapat menggunakan pembersih atau facial wash. Jika Anda memilih facial wash, awali dengan air hangat dan akhiri pembilasan dengan air dingin. Setelah langkah di atas selesai, gunakan penyegar untuk menutup pori-pori kulit Anda.
b. Rutin melakukan scrubbing seminggu sekali. Pilih produk yang bertekstur gel (kaya dengan air), yang mengandung bahan non comedogenic, dapat menutup pori-pori, dan mengandung AHA serta BHA. Kalau perlu produk tersebut juga mengandung bahan yang dapat menjaga kestabilan kadar minyak.
c. Oleskan pelembab. Pilih pelembab khusus kulit berminyak. Pelembab ini juga diperlukan setelah kulit selesai di scrubbing sebab setelah proses pengelupasan kulit cenderung mengering.
d. Gunakan produk yang mengandung UV protection saat Anda keluar ruangan, sebab sinar matahari bisa memicu kelenjar minyak dan menyebabkan timbulnya vlek-vlek hitam pada kulit.