Juni 09, 2009

Tidur

Tidur adalah waktu yang paling efektif bagi peremajaan kulit, karena saat tidur tubuh dan kulit melakukan proses perbaikan dan penyembuhan sel-selnya sendiri. Karena itu, banyak ahli kecantikan yang menyarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit ketika tidur, supaya daya kerjanya lebih efektif. Berikut adalah beberapa tip yang diharapkan bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas dan kulit yang sehat.

- Kadang tidur menjadi sulit karena terganggu oleh hormone stress. Karena itu pastikan Anda berlatih fisik setiap hari, paling tidak berjalan selama 20 menit, untuk mengendapkan hormon stres tersebut.

- Jangan makan sebelum tidur, sebab pencernaan yang bekerja sering mengganggu proses tidur sehingga sulit memejamkan mata.

- Padamkan lampu, pastikan suasana hening saat Anda tidur, dan aturlah suhu udara dalam ruangan sesuai dengan keinginan Anda.

- Membaca, menonton televisi, dan mengerjakan tugas di atas tempat tidur terkadang dapat membantu menghadirkan kantuk. Tetapi bila keadaannya terbalik dan justru malah membuat otak terstimulasi untuk terus bekerja, lebih baik ditinggalkan.

- Jangan memakan makanan atau minuman yang mengandung kafein dan nikotin selama empat jam menjelang tidur;

- Cobalah minum air jeruk, atau jahe hangat, atau susu hangat. Kandungan tryptophan (asam amino) dalam susu dapat membantu tubuh menghasilkan zat serotonin yang menenangkan.