Juni 09, 2009

Polip

Apakah hidung Anda pernah tersumbat dan berair dalam jangka waktu lama? Jangan-jangan Anda terserang polip. Jika dibiarkan, polip bisa menimbulkan radang otak dan merusak struktur wajah penderitannya.

Coba periksakan hidung Anda apakah ada pembengkakan di dalam rongganya. Hati-hati, sebab jika polip menutup rongga hidung, ia bisa menimbulkan komplikasi.

Polip dibagi menjadi tiga gradasi. Gradasi pertama menunjukkan kalau polip hanya akan tampak dengan pemeriksaan lab endoskopi karena bentuknya masih kecil. Gradasi kedua, polip sudah membesar, walau hanya dapat dilihat melalui alat THT sederhana, seperti spatula hidung.

Sedangkan pada gradasi ketiga, polip dapat dilihat dari luar karena mulai memenuhi hidung. Pada tingkat ini polip dapat keluar dari hidung dalam bentuk daging.

Polip dapat merusak mata, menyebabkan radang otak atau meningitis, merusak struktur tulang muka penderitanya karena polip menekan tulang wajah dalam waktu lama.

Untuk menangani polip yang terpenting adalah mengatasi dan menghindari penyebabnya. Jika ia disebabkan oleh infeksi, yang diobati adalah peradangan akibat infeksinya.

Jika disebabkan oleh alergi, jauhi pemicu alerginya. Bila faktor penyebab tidak teratasi, polip akan kambuh berulang-ulang. Karena itu hati-hatilah.