Juni 09, 2009

Rumah Hijau

Anda dapat membantu menjaga alam dari rumah Anda. Caranya:
1. Buat jendela yang lebar supaya cahaya matahari dan udara alami dapat masuk. Ini dapat meminimalkan penggunaan listrik untuk penerangan dan meminimalkan penggunaan AC.
2. Gunakan standing lamp atau lampu meja untuk pencahayaan setempat. Nyalakan lampu ini ketika dibutuhkan saja sehingga pemakaian listrik berkurang. Untuk menerangi ruangan, pilihlah lampu berjenis CFL (compact fluorescent bulbs) yang dapat menghemat listrik sebanyak 75% dan tahan 10 kali lebih lama daripada lampu pijar pada umumnya.
3. Pilih material yang ramah lingkungan seperti katun organic, atau gunakan bahan lama untuk menjadi produk baru (reuse & recycle), seperti kain lama di ubah menjadi taplak baru.
4. Usahakan supaya ada daerah resapan air di dalam rumah. Anda bisa menggunakan taburan batu alam atau tumbuhkan rumput di taman. Selain menjadi daerah resapan, tampilan hijaunya rumput dan batu alam ini menciptakan tampilan alami.
5. Tanamlah pohon di rumah Anda untuk menyaring udara kotor dan menaungi rumah dari panasnya matahari. Pohon bamboo menyerap CO2 lebih banyak daripada bunga, tetapi bila merepotkan tanam saja satu pot tanaman lain dalam rumah Anda. Walau hanya satu pot, tanaman terbukti dapat meningkatkan kualitas udara karena tanaman itu menyerap gas-gas yang dihasilkan peralatan rumah seperti formaldehyde, amoniak, dan bensin.
6. Pilih cat yang tidak banyak melepaskan gas toxic. Pilihlah cat dengan kandungan VOC (volatile organic compounds) rendah.
7. Gunakan peralatan elektronik dengan baik. Lepas kabel dari stop kontak saat tidak digunakan sebab peralatan seperti ini tetap mengkonsumsi listrik walau waktu stand by. Solar cell juga dapat dijadikan energi alternative untuk rumah Anda.
8. Belilah furniture dari produsen terpercaya untuk menghindari kayu yang berasal dari penebangan liar yang merusak lingkungan.