Mei 07, 2009

Sukses dan Bahagia

Semua orang ingin sukses dan semua orang ingin bahagia. Kerap orang berpikir bahwa jika ia sukses maka ia akan bahagia juga. Apakah betul orang yang sukses akan selalu bahagia? Elvis Presley pernah mengatakan bahwa ia tidak bahagia dengan kesuksesannya ketika ia diwawancara. Apakah ia kurang sukses pada masa itu?

“Mendapatkan apa yang ia inginkan”. Ini adalah definisi sukses menurut sebagian besar orang. Namun bila ditanya lebih jauh apakah seseorang bisa bahagia dengan apa yang ia dapatkan, terkadang jawabannya adalah “TIDAK”, karena ada saja perasaan tidak puas. Kalau mendapat apa yang kita inginkan tidak menjadi jawaban untuk bahagia, maka apa yang harus kita lakukan supaya bahagia?

Firman Tuhan berkata dalam 1Tes 5:18 “Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.” Mengapa? Sebab dengan pengucapan syukur maka fokus kita terarah pada Tuhan dan segala berkatNya, sehingga kita tidak lagi melihat kesekeliling yang penuh dengan kekurangan dan masalah. Tuhan tidak mau sukacita kita hilang dengan fokus yang selalu terarah pada masalah dan kekurangan. Ia mau supaya sukacita kita tetap melimpah karena mata rohani kita tetap melihat kepada Tuhan dalam pengucapan syukur, dan mengimani segala yang baik yang telah Ia persiapkan bagi kita.

Inilah tips sederhana supaya seseorang bahagia dan puas dalam hidup: nikmati dan syukuri apa yang telah kita punya. Syukuri juga setiap masalah dalam hidup ini.