Mei 07, 2009

Gospel Music

Musik Gospel
Walaupun penggunaan instrument dalam ibadah telah ada sejak zaman Perjanjian Lama, tetapi entah kenapa menurut catatan sejarah ibadah dalam gereja awalnya tidak menggunakan instrumen sama sekali. Jadi musik gospel awalnya adalah genre musik yang terdiri dari vokal saja, dan liriknya bersifat religius, khususnya Kristen.
Musik gospel diduga muncul pertama kali dari gereja di Afrika-Amerika pada tahun 1930-an. Ia kemudian pecah menjadi black gospel (gospel asli, dibawakan oleh orang-orang ras kulit hitam) dan white gospel, yang dibawakan oleh orang-orang ras kulit putih. White gospel adalah perpaduan antara black gospel dan musik religius asli yang biasa dinyanyikan di gereja-gereja orang kulit putih Amerika Selatan. Pemisahan aliran ini akhirnya menimbulkan perbedaan dalam cara menyanyikan lagu-lagu gospel. Walau perbedaan ras tidak lagi kentara pada zaman sekarang, tetapi masih terdapat perbedaan dalam cara menyanyikan gospel di gereja ras kulit putih dan hitam di Amerika.
Meskipun berasal dari Amerika, musik gospel telah menyebar ke seluruh dunia. Di Australia ada paduan suara gospel seperti The Elementals dan Jonah & The Whalers serta festival-festival gospel seperti Festival Musik Gospel Australia. Di Norwegia juga terdapat Ansgar Gospel Choir yang merupakan satu-satunya paduan suara gospel di sana. Sedangkan di provinsi Quebec, Kanada ada kelompok-kelompok paduan suara gospel terkenal seperti Montreal Jubilation Gospel Choir dan Québec Celebration Gospel Choir.
Genre Musik Gospel
1.Gospel Tradisional Kulit Hitam
Musik ini berasal dari lagu-lagu spiritual yang dilantunkan oleh para budak di Amerika Selatan selama abad ke- 18 dan ke-19. Genre musik ini tercipta karena gereja masa itu menganjurkan supaya anggota gerejanya bersaksi, baik dengan kata-kata atau nyanyian yang spontan tentang iman dan pengalaman mereka. Terkadang mereka juga menambahkan tarian dalam kesaksian mereka ketika kebaktian. Para penyanyi yang banyak juga merangkap sebagai pengkhotbah keliling ini kemudian mulai membuat rekaman pada tahun 1920-an. Rekaman ini mencampurkan tema-tema keagamaan dengan teknik-teknik barrelhouse, blues dan boogie-woogie. Disamping itu alat-alat musik jazz seperti drums dan terompet juga di masukkan ke dalam gereja. Contoh dari tokoh ini adalah Arizona Dranes.

2.Urban Contemporary Gospel. Dikenal sebagai “Black Gospel” sebagai cara untuk membedakannya dari bentuk musik Kristen lainnya seperti musik Kristen kontemporer atau rock Kristen dan Southern Gospel
• Country Gospel Music. Dikenal juga sebagai Musik Country Kristen atau Country Inspirasional.
• Gospel Southern. Kadang disebut quartet music karena perpaduan dari pengisi suara tenor, lead, baritone, dan bass, yang semua penyanyinya adalah pria. Isi nyanyiannya bertema masalah sehari-hari dan bagaimana Tuhan menjawab setiap persoalan tersebut. Mereka bergantung pada Beberapa penyanyi gospel Southern adalah: The Speer Family, The Blackwood Family (The Blackwood Brothers), The Lefevre Trio dan The Carter Family yang menjadi terkenal pada tahun 1920-1950 karena rekaman dan pertunjukan radio. Sedangkan Homer Rodeheaver, George Beverly Shea, Cliff Barrows atau Cathedral Quartet terkenal karena hubungan mereka dengan para penginjil terkenal seperti Billy Sunday, Rex Humbard dan Billy Graham.
• Progressive Southern Gospel. Genre ini muncul dari Gospel Southern selama beberapa dasawarsa terakhir.
• Bluegrass Gospel. Musik ini berasal dari musik pegunungan di Amerika
• Gospel Blues. Kombinasi dari gitar blues dan lirik yang berbau Injil